Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Minggu, 21 September 2014
Follow Us :
RSS
Minggu, 21 September 2014
Pergerakan Kebangsaan

Walikota Palembang Jadi Saksi Akil

By Holong - Fri Nov 08, 11:23 am

ROMI HERTON

ROMI HERTON

JAKARTA, BARATAMEDIA – Walikota Palembang, Romi Herton, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai saksi kasus suap yang menjerat Akil Mochtar, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (08/11).

Romi tiba di Kantor KPK pukul 09.45 WIB. Dia datang bersama sejumlah ajudan. Romi yang mengenakan stelan kemeja lengan panjang putih dan celana hitam terlihat santai saat memasuki lobi. Beberapa wartawan yang mencoba bertanya hanya dijawabnya dengan senyuman.

Juru Bicara KPK Johan Budi membenarkan Romi diperiksa dalam kapasitas saksi terkait kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada yang di tangani MK. “Benar hari ini ada pemeriksaan Walikota Palembang,” kata Johan Budi.

Sebelumnya tim penyidik KPK menggeledah kantor dan rumah pribadi Romi di Palembang, Selasa (29/10). KPK juga menggeledah kantor dan rumah pribadi Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan, Budi Antoni. Adapun Budi sudah diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus ini.

Dari penggeledahan ini, tim penyidik KPK menyita sejumlah dokumen yang berkaitan dengan Pilkada Kota Palembang dan Empat Lawang. Ada dugaan bahwa Akil juga menerima pemberian hadiah terkait dengan sengketa pilkada di dua daerah tersebut.

Menurut Johan Budi, penggeledahan-penggeledahan yang dilakukan hari ini masih berkaitan dengan kasus yang menjerat Akil Mochtar. “Penggeledahan ini berkaitan dengan penyelidikan KPK terhadap dugaan tindak pidana korupsi yang disangkakan pada tersangka AM, berkaitan dengan kewenangan dia sebagai hakim konstitusi,” terang Johan.

Selain Romi, penyidik juga akan memeriksa Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ucok Hidayat. Serta Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Johermansyah Johan. (fys)

Leave a Reply