Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Kamis, 24 April 2014
Follow Us :
RSS
Kamis, 24 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Desain Surat Suara, KPU Undang Parpol

By Nasrudin - Mon Oct 21, 11:43 pm

surat suara

ILUSTRASI

JAKARTA, BARATAMEDIA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mendesain surat suara dengan memperhitungkan logo partai sesuai dengan AD/ART partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) 2014. Desain tersebut melibatkan partai, karena perlu untuk memastikan logo, sebelum dicetak.

“Kami perlu mengundang parpol memastikan bahwa logo yang tercantum dalam surat suara itu, sudah memenuhi ketentuan UU. Sebab, logo itu merupakan salah satu yang harus dicatatkan di dalam Surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM,” kata Ketua KPU, Husni Kamil Manik di Gedung KPU, Jakarta, Senin (21/10).

Menurutnya, KPU perlu memastikan dalam mendesain grafis gambar logo parpol, karena kelihatan berbeda-beda antara satu partai dengan partai lain. Apalagi banyak parpol yang memiliki logo horizontal, vertikal, dan ada juga yang persegi.

“Ukuran logo ini, tidak masuk yang diperbincangkan secara politis, kenapa partai ini lebih lebar, lebih panjang, kenapa ini persegi? Kami hanya menyalin saja dan berupaya memberi ruang yang adil kepada parpol. Untuk itu, kami mengundang parpol untuk memastikannya,” ujar Husni.

Ditambahkan, KPU menetapkan desain surat suara Pemilu 2014 dalam format tiga baris dan empat kolom. Format berbeda diberlakukan untuk surat suara DPRD di Provinsi Aceh, yaitu dalam tiga baris dan lima kolom, karena ada tiga partai lokal Aceh. “Parpol loka Aceh itu, hanya dicetak untuk surat suara di Aceh saja,” ungkapnya.

Sementara anggota KPU, Arief Budiman mengatakan,  surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota di daerah pemilihan selain Aceh, berukuran 42×52 centimeter persegi (cm2). Sedangkan untuk di Aceh berukuran 54×70 cm2.

Ditambahkan, yang belum dipastikan dalam desain surat suara tersebut, yakni hanya tinggal logo dan format penulisan nama parpol. Pasalnya, format logo dan format penulisan nama parpol menunggu verifikasi dan klarifikasi dari parpol yang bersangkutan. Sebab, bentuk logo setiap parpol berbeda, sehingga ukuran logo parpol di kertas suara tampak berbeda.

“Ada logo yang vertikal dan ada yang horizontal. Ada juga yang segi empat. Ini akan membuat tampilan di surat suara ada yang lebih kecil dan lebih besar. Padahal luasan yang diberikan sama. Sedangkan surat suara DPD, dibuat dalam dua ukuran, yakni 52×42 cm2 dan 54×70 cm2,” tandasnya.

Perlu diketahui, jadwal pelaksanaan prakualifikasi dimulai 16 Oktober hingga 13 November 2013. Sementara proses pelelangan 14-16 November 2013. Kemudian, penetapan pemenang lelang pada 17 Desember 2013.

Tahapan selanjutnya surat penunjukan penyedia barang/jasa dilakukan pada 31 Desember 2013. Untuk penandatanganan kontrak atau surat perjanjian dilaksanakan pada 5 Januari 2014 . Sementara produksi dilakukan pada 10 Januari hingga 5 Februaru 2014.

Baru selanjutnya, distribusi ke KPU Kabupaten/Kota berlangsung pada 20 Januari-25 Februari 2014. Dalam jeda waktu itu, dilakukan klarifikasi nama serta gambar caleg. Jika ada kesalahan akan dilakukan perbaikan cetak.(nas)

Leave a Reply