Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Rabu, 16 April 2014
Follow Us :
RSS
Rabu, 16 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Rusia Tantang AS Soal Senjata Kimia

By Vanzank - Sun Sep 01, 8:14 pm

Vladimir Putin

VLADIMIR PUTIN

MOSCOW, BARATAMEDIA – Presiden Rusia Vladimir Putin menantang Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk membeberkan bukti penggunaan senjata kimia oleh pasukan Suriah, sebelum melakukan serangan.

“Sebuah kebohongan besar bila Pemerintah Suriah melakukan provokasi terhadap lawannya dengan serangan semacam itu (senjata kimia),” ujar Putin, seperti dikutip RIA Novosti, Minggu (01/09).

Putin menambahkan, Obama harus menunjukkan bukti baru terkait penggunaan senjata nuklir. Bukti itu harus diberikannya kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sementara sebelumnya, anggota kelompok pasukan oposisi Suriah mengaku kepada Associated Press bahwa mereka berada di balik serangan yang menggunakan senjata kimia mematikan tersebut.

Keterangan mengenai penggunaan senjata kimia oleh pasukan oposisi Suriah, didapatkan oleh kelompok Doctors Without Borders yang memeriksa keadaan warga di Ghouta, dimana sekira 350 warga tewas akibat serangan senjata kimia.

PBB sendiri sudah mengirim tim inspeksi untuk mencari tahu bukti mengenai keberadaan senjata kimia tersebut. Saat ini tim itu sudah keluar dari Suriah dan tengah berada di Den Haag, Belanda untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Seperti diketahui, Obama mempertimbangkan opsi militer di Suriah, setelah adanya laporan intelijen yang menunjukkan adalah penggunaan senjata kimia terhadap warga sipil oleh pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad. Pihak oposisi Suriah menyatakan sekira 1.429 jiwa tewas dalam serangan 21 Agustus 2013 itu.

Namun jumlah korban tewas hingga saat ini masih simpang siur. Tidak diketahui secara pasti jumlah korban tewas akibat dugaan serangan gas sarin tersebut. (ali).

Leave a Reply