Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Jumat, 18 April 2014
Follow Us :
RSS
Jumat, 18 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Hatta: Kemendag Harus Klarifikasi Kartel Bawang Putih

By Vanzank - Sun Jul 28, 3:36 pm

Hatta_Rajasa2

HATTA RAJASA

JAKARTA, BARATAMEDIA – Kementerian Perdagangan diminta untuk segera melakukan klarifikasi terhadap tudingan yang dilakukan Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyatakan Kementerian Perdagangan terlibat dalam kartel impor bawang putih.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa juga menyatakan tudingan KPPU harus dibuktikan keabsahannya karena menyangkut Kementerian atau Lembaga yang merupakan otoritas dalam ekspor-impor.

“Masak Kemendag terlibat dalam kartel, ya tidak. Tapi pembicaraan itu harus dibuktikan, harus diklarifikasi. Saya minta kemendag mengklarifikasi itu karena Kemendag mengatur impor dan eskpor kita,” kata Hatta di Jakarta, Minggu (28/7).

Menurut Hatta, kebijakan Kemendag dalam memilih perusahaan dalam melakukan ekspor bawang putih tidak bisa langsung dituding sebagai kartel. Karena Kemendag dinilai memiliki cara sendiri dalam melakukan seleksi yang fleksibel.

Dia berpendapat, kemungkinan maksud KPPU adalah masih terdapat kelemahan di Kemendag dalam menetapkan izin ekspor-impor pada suatu perusahaan. Oleh karennya, dia meminta Kemendag duduk bersama KPPU untuk mengklarifikasi duduk persoalan yang sebenarnya supaya menjadi jelas.

“Kalau ada 1.000 atau 100 (perusahaan yang ajukan impor bawang putih) kan tidak semuanya diberikan. Tentu Kemendag mungkin memiliki cara sendiri untuk melakukan seleksi. Saya tidak tahu (prosesnya), itu kelemahannya di Perdagangan. Tapi saya minta diklarifikasi. Duduk sama-sama dengan KPPU apa yang dimaksud dengan itu,” tandasnya. (ali).

 

Leave a Reply