Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Sabtu, 30 Agustus 2014
Follow Us :
RSS
Sabtu, 30 Agustus 2014
Pergerakan Kebangsaan

PM Australia: Indonesia Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

By Vanzank - Fri Jul 05, 11:45 pm

SBY dan Kevin Rudd

BOGOR, BARATAMEDIA – Perdana Menteri Australia Kevin Rudd optimistis pada tahun 2050 Indonesia akan tampil sebagai kekuatan ekonomi nomor empat dunia, setelah Tiongkok, Amerika Serikat (AS), dan India.

Saat ini, dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 6 persen, Indonesia tumbuh menjadi kekuatan baru di Asia bersama-sama China dan India. Bahkan, negeri berpenduduk 250 juta jiwa dengan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 1,3 triliun berhasil memposisikan dirinya sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

“Indonesia saat ini menjadi kekuatan ekonomi dunia. Pada tahun 2030, diperkirakan Indonesia akan menempati posisi ketujuh dan tumbuh menjadi kekuatan ekonomi keempat setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India pada tahun 2050 mendatang,” kata PM Rudd saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (05/07).

Selain itu, Rudd, yang terpilih kembali memimpin Australia, pada 27 Juni 2013 lalu, secara terbuka memuji proses transformasi Indonesia menjadi negara demokrasi. “Suatu hal yang luar biasa terjadi di Indonesia. Negara ini tidak bisa diabaikan,”ujar Rudd.

Dia juga mengatakan, sebagai negara bersahabat, hubungan Australia dan RI juga mengalami proses transformasi yang cukup signifikan, baik di bidang politik, bisnis, pendidikan, dan teknologi. Australia dan RI, lanjut PM Rudd, saling terkait satu sama lainnya karena kedua negara memiliki kepentingan yang sama.

“Jika sesuatu hal yang besar terjadi di Indonesia, rakyat Australia dan di seluruh dunia tidak bisa mengabaikannya,” tuturnya.

Pada pertemuan itu, Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Australia sepakat untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi, khususnya di bidang pertanian dan peternakan sapi.

Selain itu, baik RI maupun Australia juga secara bersama-sama menyepakati hasil perundingan putaran pertama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), yang digelar pada Maret 2013 lalu. (ali).

 

Leave a Reply