Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Rabu, 23 April 2014
Follow Us :
RSS
Rabu, 23 April 2014
Pergerakan Kebangsaan
President Crisis Center

Christianto : Dinasti Bung Karno Akan Rebut RI Satu

Photo Gallery1 PhotoBy Sawerigading - Sun Jun 30, 9:27 pm

CHRISTIANTO WIBISONO

JAKARTA,BARATAMEDIA, Kampanye Capres 2014 di internal Partai Demokrat (PD) mulai menggeliat. Secara terbuka, melalui forum Rakornas PD, Sabtu (29/06)  di  Grand Sahid Jakarta, kader partai berlambang bintang mercy itu sudah mulai memasarkan figur mantan KASAD Jenderal (Pur) TNI-AD Pramono Edhie Wibowo (PEW).

Melalui pesan singkatnya kepada BARATAMEDIA, Minggu (30/06) pengamat politik Christianto Wibisono mengatakan, mencuatnya nama PEW ke ruang publik sebagai “politisi” Partai Demokrat memang membuat bursa Capres jadi menarik.

Christianto Wibisono, yang dikenal sebagai pendiri Pusat Data Bisnis (PDB) yang terkenal itu pada awal tahun 70an,  mencoba memetakan kekuatan politik dengan mengacu kepada adanya, paling tidak,  tiga kelompok darah biru Indonesia, atau dinasti yang sedang bertarung dan sangat berpengaruh di dalam arus besar politik (main stream) perebutan kursi orang nomer satu di negeri ini pada 2014.

Pertama ada nama PEW, yang  disebutnya sebagai representasi dari darah biru Sarwo Edhie atau dinasti Sarwo Edhie.  Mantan komandan pasukan  elite baret merah (RPKAD) yang legendaris itu, – ayah PEW – dikenal dekat dengan mahasiswa dalam aksi penumpasan G30S/PKI di awal Orde Baru (1965/1966).

Figur kedua, ada  nama Megawati pewaris ideologi nasionalis dari ayahnya, proklamator Indonesia yaitu Bung Karno (BK). Megawati representasi dari dinasti BK, yang juga adalah Ketua Umum PDIP yang pernah menjabat Wapres dan Presiden R.I. yang ke – 5.

Dan figur ketiga adalah Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Tokoh ini dikenal sebagai pewaris darah biru Prof.Sumitro Djoyohadikusumo, atau representasi dari dinasti Sumitro.

Menurut kalkulasi politik Christianto Wibisono, jika Megawati bersedia merestui Jokowi maju sebagai Capres PDIP pada tahun 2014, dipastikan kursi RI Satu  itu akan dapat direbut oleh dinasti BK dari dinasti Sarwo Edhie (pasangan PEW dan Hatta Rajasa/HR)  maupun dari  dinasti Prof.Sumitro (pasangan Prabowo dan Aburizal Bakrie).

Lebih jauh kata Christianto, “jadi, kalau Megawati merestui Jokowi, maka dinasti BK itu bisa selamat. Namun jika Megawati menolak, atau Jokowi hanya no 2, maka resikonya  yang akan menang dinasti Sarwo Edhie atau dinasti Soemitro. .

Mantan wartawan Harian KAMI itu di tahun 70an mengatakan, “internal partai Banteng (PDIP) kini sedang galau”.

Semua fenomena perpolitikan tersebut diatas akan dibahas oleh Institute Kepresidenan Indonesia, Jumat 5 Juli 2013 di Jakarta, kata pria kelahiran Semarang 1945 itu.

(Editor : Eko Yulianto)


Photo Gallery

Leave a Reply