Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Kamis, 24 April 2014
Follow Us :
RSS
Kamis, 24 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

DPRD Sumut Setuju Pemekaran Kab. Simalungun

By Soros - Tue Jun 25, 10:00 pm

DPRD Sumut

MEDAN, BARATAMEDIA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) akhirnya menyetujui pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua daerah, yaitu Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Simalungun Hataran.

Dalam rapat paripurna, masing-masing fraksi menyampaikan persetujuannya. Sidang paripurna itu dalam rangka pembahasan revisi keputusan DPRD Sumut No:16/K/2007 tentang persetujuan pemekaran kabupaten Simalungun, di gedung paripurna DPRD Sumut, Selasa (25/06).

Mayoritas fraksi di DPRD Sumut menyebutkan pemekaran Simalungun sudah layak. Seperti yang disampaikan fraksi partai Golkar melalui juru bicaranya Biller Pasaribu, bahwa pemekaran tersebut sudah layak dilakukan dan fraksi Golkar menyetujuinya.

Anggota Tim perumus Irwansyah Damanik mengatakan, seluruh fraksi juga menyepakati bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara selama dua tahun berturut-turut akan menyalurkan dana hibah bagi kedua daerah pemekaran itu.

Kemudian dana untuk pemilihan kepala daerah di Kabuapten Simalungun Hataran akan dibebankan dalam Anggaran pembangunan dan belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumut, dan selain itu pemerintah Provinsi Sumut harus melepaskan asset perkantornya untuk daerah yang baru dimekarkan.

DPRD Sumut juga menghapus keputusan  sebelumnya yaitu No:16/K/2007 tentang persetujuan pemekaran Kabupaten Simalungun. Hasil putusan sidang paripurna akan dikirimkan hasil paripurna ini ke Mendagri melalui pimpinan dewan.(rid)

Leave a Reply