Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Kamis, 18 September 2014
Follow Us :
RSS
Kamis, 18 September 2014
Pergerakan Kebangsaan

Tank Leopard Tiba Sebelum HUT TNI

By Nasrudin - Wed May 15, 7:28 pm

PRAMONO EDHIE WIBOWO

PRAMONO EDHIE WIBOWO

JAKARTA, BARATAMEDIA – Sebelum perayaan hari ulang tahun (HUT) TNI pada 5 Oktober 2013 nanti, Indonesia sudah menerima 164 unit tank asal Jerman. Dari jumlah tersebut, 114 unit merupakan jenis main battle tank Leopard dan sisanya medium battle tank Marder

“Kami berharap tahun ini akan ada uji coba penembakan dan itu akan berlangsung sebelum 5 Oktober mendatang,” kata Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo kepada wartawab di Istana Negera, Jakarta, Rabu (15/05).

Menurut dia, adanya tambahan tank tipe Marder ini, tidak menyebabkan tambahan anggaran. Pasalnya, sejak awal diperkirakan hanya bisa memperoleh 44 medium tank. Namun, ternyata bisa mendapat 50 dan paket keseluruhan 164 tank.

“Pengadaan itu dilakukan sesuai dengan alokasi dana yang ada pada Kementerian Pertahanan. Anggaran yang dikeluarkan negara untuk paket tank ini sekitar 280 juta dolar AS dan melalui negosiasi didapatkan tambahan unit tank,” tutur Pramono yang akan memasukan masa pensiun bulan ini.

Sebelumnya, Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin menyatakan bahwa TNI AD segera menerima tank tempur utama Leopard dan tank tempur menengah Marder. Jumlah tank yang akan dikirim dari Jerman sebanyak 164 unit. Untuk tank Leopard, masing-masing untuk jenis Leopard Ri dan Leopard 2A4.

Pembelian tank ini juga dilengkapi dengan kesepakatan transfer teknologi yang diteken pada November 2012 lalu. PT Pindad dan Bengkel Pusat TNI AD akan mendapatkan kerja sama pelatihan untuk perbaikan ringan hingga berat atas kendaraan tempur tersebut.

Saat ini, Indonesia belum juga memiliki tank kelas berat. TNI AD hanya mengandalkan tank tempur ringan, seperti Scorpion buatan Inggris, tank AMX-13 dan AMX-10p. Ketiga jenis tank ringan itu terbilang uzur, karena diproduksi pada 1940-1950-an.(nas)

Leave a Reply