Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Jumat, 01 Agustus 2014
Follow Us :
RSS
Jumat, 01 Agustus 2014
Pergerakan Kebangsaan

Lapas Nusakambangan Terbakar, Napi Tidak Kabur

By Nasrudin - Sat May 11, 10:28 am

Kondisi Lapas Permisan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, menyusul peristiwa kebakaran yang terjadi dini hari tadi.(Dok. Ditjen Pemasyarakatan)

JAKARTA, BARATAMEDIA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Permisan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (11/05) dini hari, terbakar. Namun, tidak ada korban dalam peristiwa ini. Seluruh narapidana (napi) juga tidak ada yang kabur. Bahkan, mereka ikut memadamkan api.

“Lapas Permisan dihuni sekitar 300 warga binaan. Kondisinya sekarang tetap kondusif, karena tidak ada napi yang memanfaatkan peristiwa kebakaran itu untuk melarikan diri. Mereka justru ikut membantu memadamkan api,” kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumhan Jawa Tengah, Suwarso yang dihubungi dari Jakarta.

Menurut dia, pihak lapas tinggal menunggu penyambungan listrik kembali oleh PLN. Kebakaran sendiri diduga akibat korsleting listrik. “Dugaan sementara kebakaran, akibat konsleting listrik. Bangunan yang terbakar antara lain gedung KPLP, Kamtib dan kantin Lapas. Kami kira tidak ada unsur sabotase,” jelasnya.

Terkait dengan perkiraan nilai kerugian akibat kebakaran tersebut, Suwarso mengaku, belum bisa memperkirakan. Sebab, pihaknya masih melakukan pendataan. “Yang paling penting, semuanya selamat dan tidak ada warga binaan yang lari,” pungkas Suwarso.

Perlu diketahui, Lapas Permisan adalah satu dari tujuh lapas di Pulau Nusakambangan. Enama lapas lainnya, yakni Lapas Terbuka, Lapas Batu, Lapas Besi, Lapas Narkotika, Lapas Kembangkuning, dan Lapas Pasir Putih. Lapas Permisan dan Lapas Pasir Putih di lokasi paling ujung di Pulau Nusakambangan.(nas)

Leave a Reply