Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Sabtu, 19 April 2014
Follow Us :
RSS
Sabtu, 19 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Persaingan Bacabup Enrekang Golkar Makin Memanas

By Nasrudin - Wed May 08, 6:40 pm

ILUSTRASI

ENREKANG, BARATAMEDIA – Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) 2013, persaingan para bakal calon bupati (bacabup) dari Partai Golkar makin memanas.  Hal ini menyusul hasil survei yang Indeks Politica Indonesia (IPI) mengenai tingkat keterpilihan (elektabiltas) para bacabup.

Kepanikan justru terasa pada diri bacabup Rum La Tunrung. Sebab, posisinya berada di bawah bacabup lainnya dari Golkar, Muslimin Bando. Tak ayal, situasi ini membuat keluarga Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung akan all out memenangkan Rum sebagai cabup Enrekang dari Golkar.

Untuk memuluskan kakaknya tersebut, La Tinro yang dikenal sebagai mantan Ketua DPD II Golkar Enrekang, mengumpulkan puluhan loyalisnya di kompleks Halal Center Talaga Enrekang, Rabu (08/05). Kabarnya, pengumpulan ini dilakukan untuk menggalang dukungan bagi Rum, agar terpilih sebagai cabup.

Seorang kader Golkar, Mannahur saat ditemui di lokasi pertemuan, mengakui bahwa dirinya hadir karena mendapat undangan. Namun, dia menyangkal pertemuan itu untuk menggalang dukungan bagi Rum. “Kami datang untuk menghadiri undangan silaturahmi saja,” ujarnya.

Selain Mannahur, di antara kader Golkar Enrekang itu, terlihat juga Nurman AS. Selain itu, juga terlihat beberapa caleg perempuan asal Golkar, yakni Andi Fatmawati yang merupakan istri Chairul Latanro. Sejumlah kader Golkar lainnya juga tampak hadir dalam pertemuan tersebut.

Seperti diketahui, dalam survei tingkat elektabilitas yang dilakukan IPI, posisi teratas ditempati Muslimin Bando. Dia akan maju berpasangan dengan Amiruddin. Sedangkan Rum La Tunrung berada di tingkat dua. Namun, dia juga terus menunjukkan perlawanan.

Dalam survei yang melibatkan 440 responden itu, persentase elektabilitas Muslimin-Amiruddin di angka 33,34%. Sementara Rum La Tunrung elektabilitasnya di angka 15,92%. “Ini artinya, sinyal bahwa bisa bersaing dengan Muslimin. Apalagi masih ada empat bulan pencoblosan,” kata Direktur IPI, Suwadi Idris Amir, Selasa (07/05).

Suwadi menambahkan, Rum bisa melejit lagi kalau pergerakan politik keluarga besar La Tunrung, terutama La Tinro bisa maksimal di sisa waktu yang ada. Apalagi La Tinro di berbagai kesempatan sudah mengisyaratkan all out mengamankan Rum. “Rum La Tunrung yang memiliki kekuatan finansial, ditambah infrastruktur atau jaringan La Tinro sebagai bupati. Tentu hal itu mempermudah langkahnya untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya.

Di Pilkada Enrekang, Muslimin dan Rum bersaing memperebutkan rekomendasi Golkar. Kendati DPP sudah pernah menetapkan Muslimin, namun keputusan itu ditolak DPD II dan DPD I Golkar, karena dinilai menyalahi mekanisme. Di samping dua kandidat itu, Kadis Sosial Sulsel, Suwandi Mahendra serta Wakil Bupati Enrekang, Nurhasan juga ikut memperebutkan rekomendasi Golkar. (rsc/nas)

Leave a Reply