Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Jumat, 18 April 2014
Follow Us :
RSS
Jumat, 18 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Ukuran Kertas Suara Pileg Lebih Kecil

By Soros - Fri Apr 26, 4:45 pm

ILUSTRASI

JAKARTA, BARATAMEDIA – Jumlah partai politik peserta pemilihan umum (pemilu), mempengaruhi ukuran surat suara pemilu legislatif 2014.

“Yang sekarang ukuran surat suara lebih kecil karena partai yang ikut lebih sedikit,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Jumat (26/04), di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat.

Menurut Arief, KPU telah mendata total kebutuhan surat suara yang akan didistribusikan. Selain itu, KPU juga telah melakukan pendataan spesifikasi surat suara . “Akan dilihat apakah pakai 60 gram, 70 gram, 80 gram. Kalau kurang tebal apakah akan robek atau bagaimana,” tuturnya.

Soal spesifikasi dan ukuran, akan dicantumkan dalam naskah aturan pengadaan logistik Pemilu yang kini sedang dipersiapkan.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2014, ada 12 partai politik nasional dan tiga partai politik lokal Aceh. Sementara, pada 2009, peserta pemilu mencapai 44 partai politik.

KPU mengalokasikan dana sebesar Rp5 triliun untuk pengadaan logistik kebutuhan Pemilu 2014. Anggaran itu untuk alokasi pelaksanaan pemilu di tahun 2013 dan 2014.
Anggaran tersebut, digunakan untuk keperluan pengadaan barang dan jasa, mulai dari pengadaan bilik suara, kertas suara, server, alat informasi teknologi, hingga Sistem Informasi Data Pemilih. (rid)

Leave a Reply