Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Minggu, 20 April 2014
Follow Us :
RSS
Minggu, 20 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Kasus UN, Pemerintah Gagal

By Vanzank - Sun Apr 21, 1:55 pm

ILUSTRASI

JAKARTA, BARATAMEDIA – Ikatan Alumni ITB Jakarta menganggap pemerintah telah gagal melaksanakan Ujian Nasional (UN). Sebab pelaksanaannya berantakan karena tidak tersedianya kertas soal UN untuk sebagian wilayah. Untuk itu, Ikatan Alumni ITB Jakarta meminta pemerintah untuk melakukan dialog nasional dalam mengkaji kembali kebijakan penyelenggaraan UN di tanah air.

Hal itu diungkapkan Ketua Ikatan Alumni ITB Jakarta, Hendry Harmen kepada BARATAMEDIA. Minggu(21/04). Menurutnya, perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggara UN, serta membuat sistem manajemen penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik lagi.

“Kami melihat, terjadinya kasus Kertas Soal bukanlah semata-mata permasalahan teknis, tetapi juga menyangkut masalah manajemen, birokrasi, dan kinerja aparatur Kemendikbud. Seharusnya kendali pelaksanaan UN, termasuk percetakan dan pendistribusian, tetap berada di Kemendikbud, bukan di pihak percetakan,” kata Hendry Harmen.

Dengan demikian, lanjut Hendry, faktanya pemerintah telah gagal dalam menyediakan kertas soal untuk penyelengaraan UN serempak. “Kegagalan tersebut mulai dari ketersediaan kertas soal yang tidak tepat waktu, kesalahan distribusi, tertukarnya jenis soal, dan kualitas kertasnya yang buruk,” ujarnya.

Untuk itu, ia memandang perlu dilakukan dialog nasional kepada semua pihak-pihak yang terkait, dalam memecahkan permasalahan tersebut. “Pemerintah, pihak sekolah, praktisi pendidikan, wakil rakyat, pelajar, organisasi pemerhati pendidikan dan pihak-pihak lainnya untuk mengkaji kembali kebijakan penyelenggaraan UN di tanah air, ungkap Hendry. (ali).

Leave a Reply