Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Minggu, 20 April 2014
Follow Us :
RSS
Minggu, 20 April 2014
Pergerakan Kebangsaan

Akil Mochtar Ucapkan Sumpah Ketua MK

By Holong - Fri Apr 05, 12:15 pm

AKIL MOCHTAR_SUMPAH

AKIL MOCHTAR

JAKARTA, BARATAMEDIA –  Hakim konstitusi Akil Mochtar mengucapkan sumpah jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung MK, Jakarta, Jumat (05/04). Akil menggantikan Mahfud MD yang pensiun pada Senin (01/04) lalu.

Pengucapan sumpah Akil berlangsung di ruang sidang pleno MK sekitar pukul 09.00 WIB. Kesempatan itu turut disaksikan sejumlah pimpinan lembaga negara, jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, sejumlah anggota DPR, dan beberapa tokoh masyarakat.

Untuk diketahui, Akil terpilih sebagai Ketua MK melalui mekanisme voting tiga putaran di Gedung MK, Jakarta, Rabu (03/04). Proses voting dipimpin Wakil Ketua MK Achmad Sodikin dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal MK Janedjri M Gaaffar dan para pegawai MK.

Di tahap pertama, empat hakim konstitusi yang mendapat suara, yakni Akil Mochtar (4 suara), Hamdan Zoelva (2 suara), Harjono (2 suara), dan Arif Hidayat (1 suara).

Di putaran kedua, Hamdan dan Harjono (sama-sama memperoleh 2 suara) diadu untuk menentukan siapa yang berhak maju di putaran berikutnya. Hasilnya, Harjono mendapat 4 suara dan Hamdan mendapat 3 suara. Satu suara tidak sah karena memilih keduanya dan satu orang abstain.

Akil dan Harjono lalu maju ke putaran ketiga. Berdasarkan voting, Akil memperoleh tujuh suara dan Harjono dua suara.

Sebelum voting digelar, sembilan hakim konstitusi menyampaikan visi dan misi secara singkat. Dari sembilan hakim konstitusi, dua hakim konstitusi, yakni Anwar Usman dan Muhammad Alim menyatakan tidak bersedia menjadi Ketua MK. (fys)

Leave a Reply