Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Sabtu, 02 Agustus 2014
Follow Us :
RSS
Sabtu, 02 Agustus 2014
Pergerakan Kebangsaan

Yusril Geram Terhadap Hasil Survey LSI

By Vanzank - Mon Mar 18, 9:54 am

yusril-ihza-mahendra

YUSRIL IHZA MAHENDRA

JAKARTA, BARATAMEDIA – Yusril Ihza Mahendra menuding rilis hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan lemahnya partai Islam dalam pemilu 2014 tidak objektif dan cenderung memihak, karena patut diduga LSI memiliki tujuan tertentu untuk mengeluarkan hasil survei tersebut.

“LSI dari dulu begitu, Islamisasi politik. orang meneliti membuat kategori sebenarnya kategori partai Islam dengan partai non Islam itu seperti apa sih yang mereka maksud?” ujarnya di Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, Senin (18/03).

Dirinya pun mempertanyakan, kategorisasi partai sehingga dikelompokkan ideologisasinya partai itu berdasarkan apa?. Sebab menurutnya, PDIP dan PPP itu masuk ke kategori apa. “Yang dia bandingkan PPP dengan Golkar dengan PDIP itu partai nasionalis? Enggak juga, enggak jelas. Mereka punya misi Islamisasi politik. Kalau PBB itu bukan partai Islam tapi partai Indonesia,” cetusnya.

Dari survei Lingkaran Survei Indonesia pada Maret 2013 ini, disebutkan bahwa suara partai Islam berada di bawah angka 5 persen.

“Perolehan partai Islam di bawah 5 persen tidak satupun dalam survei kita memperoleh suara signifikan. Empat partai yang dinyatakan lolos dan terkuat yang memperoleh dukungan dikuasai oleh partai nasionalis,” kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/03).

Bukan hanya partainya tokoh yang berada di dalam partai Islam juga dianggap tak mampu lagi bersaing dengan partai nasionalis lainnya. “Tokoh partai Islam bursa cawapres kalah pamor dengan tokoh nasionalis. Dari 10 nama, 4 nama teratas dikuasai oleh tokoh dari partai nasionalis. Tokoh dari partai Islam di bawah 5 persen, kecuali Hatta Rajasa,”

Berikut adalah 5 tokoh dan partai terkuat menurut hasil survei LSI,
1. Megawati 20,7%
2. Aburizal Bakrie 20,3 %
3. Prabowo 19,2%
4. Wiranto 8,2 %
5. Hatta Rajasa 6,4%

Partai:
1. Golkar 22,2%
2. PDIP 18,8%
3. Demokrat 11,7%
4. Gerindra 7,3%
5. Nasdem 4,6%

Survei LSI ini dilakukan pada Maret 2013 dengan melibatkan 1.200 responden di 33 provinsi dengan metode multistage random sampling serta margin of error 2,9%. (MDC/ali).

Leave a Reply