Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Sabtu, 30 Agustus 2014
Follow Us :
RSS
Sabtu, 30 Agustus 2014
Pergerakan Kebangsaan

Akhir Maret Sudah Terpilih Paus Baru

By Nasrudin - Tue Feb 12, 3:30 am

Tahta Suci Vatikan segera mengadakan pemilihan paus baru, menyusul mundurnya Paus Benediktus XVI mengundurkan diri.(AP Photo)

VATIKAN, BARATAMEDIA – Vatikan diperkirakan akan memilih paus baru sebagai pengganti Paus Benediktus XVI pada akhir Maret mendatang.  Pengumuman itu disampaikan setelah Benediktus XVI memastikan pengunduran diri dari Tahta Suci karena alasan usia dan kesehatan. Demikian dikata juru bicara Vatikan, Pastur Federico Lombardi, Senin (11/2).

Seperti dilaporkan Surat kabar the Daily Mail, Paus Benediktus XVI kini sudah berusia 85 tahun mengumumkan diri akan turun tahta pada 28 Februari sekitar pukul 20.00 waktu Vatikan. Dia juga meyatakan, tidak akan terlibat dalam konklav – ritual pemilihan paus baru yang hanya diikuti para kardinal dari seluruh dunia.

Lombardi mengatakan bahwa setelah mundur dari jabatannya Benediktus XVI akan menyepi di kediaman musim panasnya di dekat kota Roma. Setelah itu, dia akan menghabiskan sisa hidupnya di sebuah bekas biara dalam wilayah Vatikan. Pihak Tahta Suci Vatikan sendiri bisa mengerti dengan alasan pengunduran diri itu.

Seperti diketahui, Paus Benediktus XVI mengakui bahwa kekuatan fisiknya terus menurun dalam beberapa bulan terakhir, sampai pada tahap bahwa dirinya harus mengakui kekurangannya  untuk bisa memenuhi tugas pelayanan yang dipercayakan kepadanya.  ”Dengan penuh kebebasan saya mengumumkan bahwa saya mengundurkan diri sebagai Uskup Roma, Pewaris Santo Petrus,” tegasnya.

Pemerintahan Jerman merasa terharu mendengar keputusan Paus asal negeri tersebut. Paus Benediktus XVI sendiri, sebelumnya menjabat bernama Kardinal Joseph Ratzinger, resmi menjadi pemimpin Vatikan di usia 78 pada April delapan tahun lalu. Ia Menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal dunia akibat usianya yang sudah tua. (nas)

Leave a Reply