Warning: Missing argument 1 for get_post(), called in /home/barata19/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/class-opengraph.php on line 489 and defined in /home/barata19/public_html/wp-includes/post.php on line 380
Jumat, 19 September 2014
Follow Us :
RSS
Jumat, 19 September 2014
Pergerakan Kebangsaan

UU Pilkada Harus Putus Mata Rantai Dinasti Politik Keluarga

By Vanzank - Fri Dec 21, 4:48 pm

oligarki

Ilustrasi

JAKARTA, baratamedia-Kini, yang selalu menjadi pejabat pasti mempunyai hubungan kerabat. untuk itu, UU Pilkada diarahkan untuk memutus mata rantai politik dinasti keluarga di Pilkada di seluruh Indonesia.

Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan pembahasan UU Pilkada yang akan digelar mulai awal Januari 2013 mendatang, Komisi II DPR ingin memutus mata rantai politik warisan keluarga ini. Syarat pengajuan calon kepala daerah maupun wakilnya akan diperberat.

“Ya kita akan membuat syarat-syarat yang ekstraketat untuk memutus politik dinasti semacam itu, tapi tetap tidak melanggar prinsip setiap warga negara untuk maju,” kata Agun. Jakarta, Jumat (21/12).

menurutnya, Memang tidak ada larangan kerabat kepala daerah untuk maju Pilkada. Namun persyaratan yang rumit akan mengurangi pesta keluarga di pesta demokrasi di Indonesia.

“Kita tidak melarang tapi kita perketat habis, misalnya beberapa pernyataan tambahan kita akan tambahkan, lalu ada proses melibatkan DPRD, dilakukan verifikasi lalu diklarifikasi langsung oleh DPRD dan dibuka ke publik hasilnya,” ucap Agun.

sementara itu, menurut Sekretaris FPD DPR Saan Mustopa mengatakan, politik dinasti tak bisa dibatasi dengan aturan apapun. Karena pembatasan terhadap hak setiap orang untuk berpolitik dinilai melanggar HAM.”Sebenarnya dinasti politik itu hal wajar aja dalam demokrasi. Di negara-negara yang berdemokrasi sudah maju dan mapan saja terjadi,” kata Saan, Jakarta, Jumat (21/12).(ali/dkm)

 

Leave a Reply